Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
http://bolasports.over-blog.com
Bola Sport
Menu
FIFA Merubah  Jadwal Bursa Transfer Pemain Selama Pandemi Corona

FIFA Merubah Jadwal Bursa Transfer Pemain Selama Pandemi Corona

Berita Bola International, Rabu 08 April 2020 datang dari FIFA. Pandemi virus corona memaksa FIFA untuk bertindak tegas menghentikan kompetisi Eropa sementara. Mereka juga sudah membahas perubahan kontrak pemain Eropa karena banyak kompetisi harus dihentikan sementara. FIFA mengubah jadwal bursa transfer musim panas dan aturan kontrak pemain selama pandemi virus corona ini.

Seperti diketahui kalau saat ini Liga-liga top di Eropa dihentikan sampai batas waktu tidak ditentukan. Pembatasan gerak dan aktifitas  karena teror COVID-19 masih sulit diatasi di negara Eropa. Bahkan bukan malah menurun tapi sekarang ini kondisi COVID-19 yang sudah sangat menyebar membuat kebijakan baru harus dilakukan.

Kondisi ini membuat FIFA berpikir kalau kompetisi memang ada opsi untuk dihentikan. Kondisi molornya kompetisi membuat masalah soal bursa transfer nantinya. Beberapa pemain yang saat ini sudah kesepakatan kontrak dengan klub barunya sebelumnya berlaku di tanggal 1 Juli mendatang. Saat itu bursa transfer musim panas pun sudah dibukak.

Pihak FIFA lantas merubah jadwal bursa transfer musim panas agar tidak menjadi bentrokan jadwal. Dimana semula 1 Juli hingga 2 September, FIFA sekarang memberikan wewenang kepada kompetisi untuk menentukan sendiri kapan bursa transfer yang cocok dimulai dan diakhiri.

"Perlu penyesuaian terhadap regulasi awal dengan situasi terkini. Karena itu, FIFA akan fleksibel dan membolehkan jendela transfer untuk dipindahkan dan jatuh pada masa di antara akhir musim dan awal musim berikutnya," ujar pernyataan dari laman berita bola FIFA, Rabu (8/4/2020).

FIFA juga merubah peraturan batas seorang pemain bertahan di klubnya saat ini. Dimana kontrak pemain biasanya akan habis pada 30 Juni mendatang akan diperpanjang oleh klub hingga kompetisi benar-benar selesai dilakukan.

"Kontrak pemain yang akan habis biasanya berakhir saat musim berakhir. Dengan penundaan kompetisi, sudah jelas bahwa musim ini tak akan berakhir normal. Maka diusulkan agar kontrak para pemain diperpanjang hingga musim benar-benar berakhir."

"Kebijakan serupa juga berlaku untuk kontrak mereka yang akan dimulai pada musim baru, yang berarti berlakunya kontrak tersebut bakal ditunda hingga musim berikutnya benar-benar dimulai."

FIFA juga mengajak seluruh elemen sepak bola dunia untuk turun berdiskusi mengenai hal ini. Agar nantinya dapat mencari solusi yang terbaik untuk permasalahan ini. Kondisi virus corona dinegara masing-masing peserta kompetisi saat ini berbeda jadi FIFA berharap fleksibilitas dari induk sepak bola masing-masing untuk menentukan sikap.